Dipostkan oleh @Vtp pada October 14, 2015

photo_collage11-1[1]Kopeng – Liburan tahun baru hijriah (penanggalan muslim) digunakan sebagian warga yang berjiwa muda untuk mendaki gunung. Tidak ketinggalan muda-mudi Vihara Tanah Putih Semarang mendaki salah satu Gunung, yaitu Gunung Andong. Gunung ini tidak terlalu tinggi tetapi track yang dilalui untuk menuju puncak sangat terjal. Para pendaki sesering berhenti untuk sekedar Tarik nafas ataupun beristirahat sembari menikmati udara yang sangat sejuk dan memulihkan tenaga yang sudah terkuras. Para pendaki diharapkan harus bersabar untuk mencapai puncak gunung tersebut.

Dalam pendakiannya, rombongan muda mudi Vihara Tanah putih didampingi oleh Bhikkhu Dhammamitto dan Samanera Aggasseno. Sesampainya di Desa Girirejo terus melakukan registrasi sebagai peserta pendaki gunung. Desa Girirejo merupakan Desa terakhir dari jalur yang dilewati oleh pendaki. Rombongan memulai perDalam perjalanannya, pendaki menyusuri jalanan setapak dan berdebu dan ketika dilewati atau terkena angin maka debu berterbangan. Debu debu ini mengaburkan pandangan dan membuat mata perih.

20151013_123754

Namun, Sebelumnya muda-mudi mengadakan kegiatan dan menginap di Vihara Dhammaphala, Deplongan, Kopeng-Salatiga. Kegiatannya meliputi Puja bakti yang diisi oleh Bhikkhu Dhammamitto dan dilanjutkan api unggun oleh muda-mudi. Dalam pesan Dhammanya, Bhikkhu Dhammamitto mengatakan bahwa sebagai anak muda, hendaknya harus bisa menggali potensi, kemampuan dan keterampilan yang ada dalam diri. Sehinnga seseorang dapat mengetahui seberapa banyak potensi-potensi yang ada. Seseorang dapat membuat ketetapan-ketetapan untuk menuju tujuan akhir atau cita-cita. Seseorang harus mampu untuk menetapkan kemampuan atau keterampilan apa yang cocok dan yang disenangi.

Dalam pesan Dhammanya dikatakan bahwa untuk mencapai tujuan akhir, seseorang harus memiliki empat hal yaitu 1. Seseorang harus memiliki kepuasan (Chanda) dalam mengerjakan segala sesuatunya, 2. Seseorang harus memiliki semangat (viriya) dalam pekerjaannya, 3. Seseorang harus mampu memeriksa atau mengkoreksi atas pekerjaannya, 4. Mampu merenungkan alasan-alasan dan tujuan mengapa melakukan suatu pekerjaan atau tindakan. Inilah langkah seseorang untuk mencapai tujuan akhir atau cita-cita dalam hidupnya.

Menurut Maharani Kusumaningrum M. Psi bahwa kegiatan berkumpulnya muda-mudi sangatlah penting karena dalam kegiatan ini dapat memberikan wawasan serta pengetahuan bagi setiap peserta. Dengan kegiatan ini, peserta dapat membangun kepercayaan diri, membangun kepedulian, membangun kerjasama dan saling mendukung maupun membantu. Sehingga melalui kegiatan, para perserta dapat memetik manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Harapan dari Sdri Maharani, kegiatan berkumpulnya muda-mudi ini tidak hanya pertama kali diadakan  tetapi dapat diadakan kembali. Tentunya kegiatan yang diadakan disi dengan acara-acara lebih menarik.

Oleh: Bdm

 

 

0 Responses to Vtp

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>



No comments

    • Search Blogs

    • Vihara Tanah Putih